Sabtu, 25 Februari 2017

MANFAAT BUNGA LANTANA YANG BELUM BANYAK DIKETAHUI


Gambar terkait
 ( Lantana Camara )
 
Manfaat bunga Lantana yang belum banyak diketaui- Bunga Lantana merupakan spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga verbena, Verbenaceae, yang berasal dari Amerika tropik. Tanaman ini telah disebarkan kebagian lain dunia sebagai tanaman hias dan dianggap spesies invasif dikebanyakan kawasan tropis dan subtropis. Tanaman bunga Lantana merupakan jenis tanaman bunga yang mempunyai bentuk cantik. Bunganya unik, kalau kita cermati dengan seksama seperti himpunan lampu LED.
Terdapat +/- 100 jenis lantana. Ketinggiannya bisa mencapai 3-5 kaki. Batangnya berduri dan daunnya sedikit berbulu. Bunga tumbuhan ini berbentuk payung dan mempunyai beragam warna dari kuning, merah jambu, ungu, putih, merah tua, dan ada juga warna kombinasi seperti kuning-putih maupun putih magenta. Bunganya dapat tumbuh dengan sangat cantik, secara bergerombol.


Warna bunga Lantana ini juga berubah megikut peringkat yaitu dari warna putih ke warna kuning, warna jingga ke warna merah dan warna pink ke warna merah tua. Perubahan warna ini berubah mengikut kondisi iklim. Perubahan ini hanya didapati di negara-negara beriklim lembap saja. Buahnya berbentuk tangkai, berwarna hijau, merah dan biru kehitaman mengikuti umur buah. Bunga  Lantana sangat disukai serangga terutama kupu-kupu. Sehingga tanaman ini sangat cocok bagi kalian yang merindukan kehadiran kupu-kupu. 


Klasifikasi ilmiah bunga Lantana :
Kerajaan: Plantae
Ordo : Lamiales
Famili : Verbenaceae
Genus : Lantana
Spesies : L. camara
Nama binomial
Lantana camara
L.
Sinonom
Lantana aculeata
Lantana armata 



CARA BUDIDAYA BUNGA LANTANA
Hasil gambar untuk BUNGA LANTANA
 ( Lantana camara )  
1. Pembibitan
  • Pada tahap awal budidaya bunga "Lantana", hal pertama yang dilakukan adalah pembibitan. Ada dua cara untuk membudidaya bunga cantik ini. Pertama adalah menyemai biji. Nah, biasanya ada biji yang sudah ada tinggal di semai lalu ditanam kembali setelah muncul tunas.
  • Cara budidaya bunga " Lantana" yang kedua adalah dengan memutus rumpun induk dari tanaman induk. Kita harus hati hati saat memotongnya, jangan sampai akarnya rusak. Kalau rusak bisa jadi nanti mati dan tak bisa tumbuh dengan baik saat pembudidayaan bunga yang cantik ini. 

2. Penanaman Bunga lantana
  • Untuk menghasilkan budidaya bunga "Lantana" yang subur, ada baiknya kita menyiapkan tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Hal ini agar keduanya seimbang. Ada baiknya saat menanam dilakukan hati – hati agar "Lantana" bisa tumbuh dengan baik.

3. Perawatan Harian
  • Kalau budidaya bunga "Lantana" sudah cukup baik kita tinggal mengatur jadwal penyiraman. Ada baiknya untuk menyiram saat sore saja atau ketika bunga "Lantana" akan layu.
Budidaya bunga "Lantana" juga mudah kalau sudah hidup, pasalnya pemupukan bisa dilakukan saat tanaman sudah cukup lama tak dipupuk atau tiga bulan sekali.


MANFAAT BUNGA LANTANA
Hasil gambar untuk BUNGA LANTANA
Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan menanam tanaman hias bunga "Lantana". Ternyata selain memiliki bunga yang cantik tanaman ini juga bisa mengobati berbagai macam penyakit. Jadi tidak ada ruginya kita menanam tanaman hias bunga "Lantana" ini. 
 
BERIKUT MANFAAT BUNGA LANTANA :
  • Rematikcara ke-1 : daun "Lantana" segar dan jahe merah ( Zingiber officinale Rosc ), direbus dengan air secukupnya lalu tambahkan air dingin hingga hangat dan dipakai untuk mandi. Cara ke-2 : ambil akar "Lantana" kering secukupnya, direbus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu dicampur dengan air dingin hingga hangat kemudian gunakan untuk mandi.
  • Penyakit kulit, bisul ( furunculus ), luka berdarah, memar ( haematoma ), bengkak-bengkak : ambil daun "Lantana" segar secukupnya, dihaluskan lalu ditempel pada bagian yang sakit. Diganti 2-3 kali sehari.
  • Keseleo : daun "Lantana" secukupnya kemudian dilumatkan, tambahkan arak putih dan tepung terigu yang telah digongseng lalu diaduk dan ditempekan pada bagian yang sakit.
  • Radang kulit ( dermatitis ), eksim ( ekzema ), jamur kulit : seluruh bagian tanaman "Lantana" segar, sambiloto ( Andrographis paniculata Nees ) dan daun ketepeng china ( Cassi Alata L ) direbus dengan air secukupnya sampai mendidih, lalu hangat-hangat digunakan untuk mencuci bagian yang sakit.
  • Sakit kepala, sakit gigi : 30 gram akar kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, disaring lalu airnya diminum.
  • TCB dengan batuk darah : 5-10 gram bunga "Lantana" kering, 60 gram akar alang-alang ( Imperata cylindrica [ L. ] Beauv. ), 15 gram kencur ( Kaempferia galanga L. ), gula batu secukupnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya.
  • Batuk ( tussis ) pada anak-anak : 10 gram bunga "Lantana" kering, 30 gram kaktus (Opuntia dilleni [ Ker-Gawl. ] Haw. ) yang telah dikupas kulitnya, 3 lembar daun sirih ( Piper betle L. ), madu secukupnya, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.
  • Sakit perut, diare : 6-9 gram bunga kering digiling hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan air mendidih secukupnya, hangat-hangat airnya diminum.
  • Influenzacara ke-1 : 30 gram daun "Lantana" dan 15 gram jahe ( Zingiber officinale Rosc. ) direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu diminum airnya selagi hangat, lakukan dua kali sehari; Atau cara ke-2 : 30 gram akar "Lantana", 2 batang daun bawang putih ( Allium sativum L. ), dan 15 gram jahe ( Zingiber officinale Rosc. ) direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya selagi hangat.
  • Pembengkakan kelenjar limfe : 15 gram akar "Lantana" kering dan 30 gram rumput laut che chai ( Porphyra tenera ) direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, disaring lalu airnya diminum dan rumput lautnya dimakan.
  • Keputihan ( leucorrhea ) : 30 gram akar tembelekan kering, 30 gram kulit delima kering ( punica granatum L. ) direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan dibagi menjadi dua dosis, kemudian diminum. Lakukan dua kali sehari.
  • Perangsang muntah ( emeticum ) : 30 gram daun "Lantana" segar, 100 gram lobak ( Raphanus sativus Linn. ), direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya diminum hangat-hangat setelah disaring.
  • Sering buang air kecil ( beser ) : 30 gram daun "Lantana", 10 buah ginkgo biloba ( pyk ko ) yang telah disangrai, keduanya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya sedangkan pek ko dimakan.
  • Kencing nanah ( Gonorrhoea ) : 30 gram akar "Lantana" kering, 30 gram sambiloto ( Andrographis paniculata Nees. ) 30 gram brotowali ( Tinospora crispa [ L. ] Miers. ), direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya.
  • Menambah nafsu makan ( stomakik ) : 30 gram kulit batang "Lantana" direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat sebanyak 200 cc. Lakukan satu kali sehari.
  • Keseleo : 30 gram daun "Lantana", 10 gram jahe ( Zingiber officinale Rosc. ), 15 gram daun dewa ( Gynura segetum ( Lour ) Merr. ), direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat.
  • Rematik : 15 gram akar "Lantana", 10 gram jahe ( Zingiber officinale Rosc. ), 15 gram temulawak ( Curcuma xanthorriza Roxb. ) direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu disaring dan diminum airnya.
  • Sakit pinggang ( lumbago )cara ke-1 : 30 gram seluruh bagian tanaman "Lantana" segar dan takokak ( Solanum torvum Swartz. ), direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu disaring dan diminum airnya selagi hangat. Atau cara ke-2 : 3-9 gram bunga "Lantana" kering, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya selagi hangat.
  • Pegal linu : 30 gram seluruh tanaman "Lantana", 30 gram buah takokak (Solanum torvum Swartz.), dan 15 gram jahe ( Zingiber officinale Rosc. ), direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu disaring dan diminum airnya.
  • Eksim ( ekzema ) : bunga "Lantana" dikeringkan kemudian digiling hingga halus, ambil 3 gram bubuk tersebut lalu diseduh dengan air panas, kemudian airnya diminum.
  • Bisul ( furunculus ) : 9 gram bunga "Lantana" segar, 30 gram daun sambiloto ( Andrographis paniculata Nees. ) dan 30 gram daun cocor bebek ( Kalanchoe pinnata [ Lam. ] Pers. ), direbus dengan air secukupnya, setelah dingin diminum.
Perlu kita ketahui bahwa kelebihan dosis menyebabkan pusing dan muntah-muntah. Wanita hamil dilarang menggunakan tanaman ini. Dan Setiap pengobatan harus dilakukan secara teratur. Demikian ulasan tentang manfaat bunga Lantana yang belum banyak diketaui orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar